7 Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro yang Populer Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro yang Populer Dikunjungi

Jogja, atau Yogyakarta, adalah destinasi wisata yang populer di Indonesia yang terkenal dengan budaya, sejarah, dan keindahan alamnya. Salah satu kawasan yang paling terkenal di Jogja adalah Malioboro, sebuah pusat perbelanjaan dan pusat kegiatan di pusat kota. Namun, selain Malioboro itu sendiri, terdapat banyak tempat wisata menarik di sekitarnya yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro dan populer dikunjungi.

1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta, atau Istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Terletak hanya beberapa menit berjalan kaki dari Malioboro, Keraton Yogyakarta menawarkan pengalaman mengagumkan untuk mengetahui sejarah dan budaya Jawa. Di dalam kompleks istana, pengunjung dapat menjelajahi museum, bangunan-bangunan bersejarah, dan menikmati pertunjukan seni budaya tradisional.

2. Taman Sari Water Castle

Taman Sari Water Castle adalah bekas kompleks keraton yang dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I sebagai tempat rekreasi dan istana pribadi. Terletak hanya beberapa menit dari Malioboro, Taman Sari adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi karena arsitektur uniknya dan kolam-kolam air yang indah. Pengunjung dapat menjelajahi situs sejarah ini dan menikmati keindahan arsitektur dan alam.

3. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah bekas benteng kolonial Belanda yang sekarang berfungsi sebagai museum sejarah. Terletak di pusat kota Jogja, hanya beberapa langkah dari Malioboro, Benteng Vredeburg menawarkan pengalaman yang menarik untuk mempelajari sejarah Indonesia pada masa kolonial Belanda. Pengunjung dapat menjelajahi museum ini dan melihat koleksi artefak sejarah yang menarik.

Baca Juga:  Candi Mendut: Keajaiban Budaya Jawa yang Memikat Hati

4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah salah satu pasar tradisional terbesar di Jogja yang terletak di seberang Malioboro. Pasar ini menawarkan berbagai macam barang, mulai dari pakaian tradisional hingga kerajinan tangan dan souvenir. Pengunjung dapat berbelanja di pasar ini dan merasakan suasana pasar tradisional yang ramai dan berwarna.

5. Tugu Jogja

Tugu Jogja adalah landmark terkenal yang menjadi simbol kota Jogja. Terletak di tengah-tengah perempatan utama di pusat kota, hanya beberapa menit dari Malioboro, Tugu Jogja adalah tempat yang populer untuk berfoto dan menikmati pemandangan kota Jogja. Terutama di malam hari, Tugu Jogja terlihat cantik dengan lampu-lampu yang menerangi sekitarnya.

6. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo adalah salah satu museum terkemuka di Jogja yang terletak di sebelah barat Keraton Yogyakarta. Museum ini memiliki koleksi seni, artefak sejarah, dan benda-benda budaya Jawa yang kaya. Pengunjung dapat menjelajahi museum ini dan mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa.

7. Malioboro Street Art

Selain wisata sejarah dan budaya, Malioboro juga dikenal dengan seni jalanan yang menarik. Pengunjung dapat menjelajahi jalan-jalan kecil di sekitar Malioboro dan menemukan berbagai mural dan graffiti yang menghiasi dinding bangunan. Seni jalanan ini menambah pesona kota Jogja dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Kesimpulan

Jogja adalah kota yang kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alam yang menawarkan banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Selain Malioboro yang terkenal, terdapat banyak tempat wisata menarik di sekitarnya yang layak untuk dieksplorasi oleh para wisatawan. Dengan mengunjungi tempat-tempat Wisata Alam Jogja Terbaru, Anda dapat mendapatkan pengalaman yang beragam dan memahami lebih dalam tentang kekayaan budaya dan sejarah kota Jogja.

Baca Juga:  Hutan Pinus Pengger: Mempersembahkan Pesona Alam yang Memikat

Written by