Danau Parta, Danau Biru Bekas Tambang yang Indah

Sungguh bukan kesengajaan bahwa posting kami kali ini masih banyak kesamaan dengan posting sebelumnya ada yang tau apa persamaanya? Yap betul, sama-sama tempat wisata yang merupakan bekas dari kegiatan tambang dan juga sama-sama indah.

Danau eks tambang yang saat ini cukup ngetrend yakni Danau Parta atau lebih familiar dengan sebutan Danau Biru, Pengaron. Secara administratif, Danau Parta terletak di Desa Pengaron, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Danau Parta berjarak cukup jauh dari Banjarmasin ± 2 jam perjalanan.

Rute untuk menuju Danau Parta adalah bila dari Banjarmasin menuju pasar Martapura sekitar 35 km, kemudian lanjutkan perjalanan menuju kecamatan Simpang Empat sekitar 30 km. Nanti akan ditemui persimpangan menuju Pengaron, belok kanan jalan terus mengikuti aspal sekitar 5 km, sampai simpang 4 belok kiri menuju jalan pertambangan (kalau belok kanan akan terlihat jembatan besi, kalau terus akan menuju Pengaron).

Meskipun Danau Parta ini merpukan bekas kegiatan tambang, namun keindahannya tidak kalah dengan danau-danau yang alami. Danau ini memiliki air berwarna biru yang sangat menenangkan. Namun belum diketahui apakah airnya beracun atau tidak, mengingat ini adalah bekas tambang. Tapi setidaknya kalaupun tidak bisa dibuat berenang, hanya dengan memandanginya dan berselfie ria dengan pemandangan di sekitar sudah sangat menyenangkan.

Lokasi sekitar danau tersebut juga sangat cocok untuk selfie maupun groupie. Birunya air danau seluas sekitar 3 borong (1 ha= 35 borong) tersebut benar-benar eksotis jadi background foto. Apalagi ada sejenis tebing horizontal yang posisinya menjorok ke danau. Ini jadi tempat yang nyaman dan memukau untuk berfoto ria.

Di Danau Biru ini tempat parkir yang tersedia hanya lahan terbuka yang dijaga penduduk lokal, namun cukup luas untuk banyak mobil dan sepeda motor. Gimana tripper, tertarik untuk ngetrip kesini?